Pengertian Barometer : Jenis dan Fungsinya Dalam Kehidupan Sehari hari

Pengertian Barometer : Jenis dan Fungsinya Dalam Kehidupan Sehari hari

Pengertian Barometer : Jenis dan Fungsinya Dalam Kehidupan Sehari hari - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas info mengenai barometer. Pernahkah kalian berfikir Jauh sebelum ditemukannya alat ukur apakah mungkin udara dapat kita ukur ataupun dihitung. 

Hingga pada akhirnya banyak ilmuwan yang berusaha untuk memecahkan misteri tersebut, dan terciptalah alat ukur seperti anemometer yang bisa kita gunakan untuk mengukur kecepatan angin, higrometer yang berfungsi untuk mengukur kelembaban udara dan masih banyak lagi. Namun semua itu masih belum memuaskan para ilmuan, karena ternyata udara itu memiliki tekanan. 

Dan untuk merealisasikan pemikiran mereka terciptalah alat yang bernama barometer. Lalu apakah barometer itu, langsung simak aja ulasan dafarulweb.com berikut ini.


Pengertian Barometer

Barometer merupakan suatu alat ukur yang berguna untuk mengukur tekanan udara atau berat atmosfer. alat ukur ini pertama kali diciptakan tahun 1643 oleh Evangelista Torricelli. Alat ukur ini sudah banyak mengalami perubahan dan upgrade menjadi dua jenis alat ukur yaitu barometer raksa dan barometer logam.


Fungsi Barometer Dalam Kehidupan Sehari Hari

Dibawah ini merupakan beberapa fungsi barometer dalam kehidupan sehari-hari yang wajib pembaca sekalian ketahui, sebagai berikut :

1. Fungsi Barometer Di Bidang Meterologi dan Prakiraan Cuaca

Saat terjadi perubahan iklim atau tekanan udara saat itulah waktu paling umum untuk menghitung prakiraan cuaca.

Saat melakukan pengukuran kemungkinan terjadi variasi tekanan udara di dalam suatu wilayah, nah saat itulah barometer bekerja dan para ahli akan memetakan pola cuaca dengan akurat.

Sebagai contoh: 

  • Bila kondisi tekanan udara rendah maka akan terjadi hujan ataupun badai. 
  • Bila kondiri tekanan udara tinggi maka wilayah yang terdampar akan panas ataupun kondisi kering. 

2. Fungsi Barometer Di Bidang Ilmu Pengetahuan Dan Industri

Seperti yang telah kita ketahui jika eksperimen ilmiah banyak terpengaruh oleh berbagai hal tak lain juga karena tekanan udara. Tidak hanya di bidang pengetahuan saja, dikehidupan modern seperti bidang farmasi dan industri juga ikut terpengaruh oleh tekanan udara juga lho. \

Baca JugaFatal! Ini Dia Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya

3. Pengukuran Ketinggian Tempat

Tak jauh juga dengan bidang penerbangan, sebab hal itu sangatlah penting guna mengukur tekanan udara di ketinggian maupun ketika pesawat akan melakukan pendaratan. Sehingga hal ini memerlukan barometer khusus yang dirancang guna mengatasi permasalahan ini.

4. Fungsi Barometer Di Bidang Kesehatan

Dibidang kesehatan juga alat ini sangat membantu lho, contoh Bagi penderita arthritis atau migrain, para perawat atau dokter perlu mengetahui tekanan udara di lingkungan para penderita guna mengatasi berbagai keluhan dan menentukan obat paling cocok untuk para pasien. 


Jenis – Jenis Barometer

Dibawah ini merupakan jenis jenis barometer yang wajib pembaca sekalian ketahui, sebagai berikut : 

1. Barometer Merkuri

Barometer merkuri pertama kali ditemukan pada 1643 oleh ilmuwan dari italia bernama evangelista torricelli. Barometer ini terdiri dari tabung kaca vertikal yang berisi cairan merkuri. 

2. Barometer Air

Barometer air merupakan barometer yang tersusun dari wadah kaca tertutup yang mana setengah bagian terisi air dan terdapat cerat yang terhubung dengan wadah kaca seperti teko.

3. Barometer Aneroid

Barometer aneroid pertama kali ditemukan tahun 1843. Barometer ini termasuk barometer yang rumit penggunaanya terutama pada saat membaca perubahan tekanan atmosfer. Barometer ini tersusun oleh wadah yang terbuat dari tembaga dan berilium dan terdapat logam lentur yang disebut kapsul aneroid.

Baca JugaPengertian LAN (Local Area Network) Fungsi, Kelebihan Serta Kekurangannya

4. Barograf

Barometer barograf merupakan barometer yang terbuat dari silinder logam yang dilengkapi lengan pena yang bermanfaat dalam mencatat hasil pengukuran pada kertas atau media lain saat terjadi perubahan tekanan udara. Barometer ini sangat bermanfaat untuk para astronom dalam mengukur tekanan udara.

5. Digital Barometer

Digital barometer merupakan barometer yang sudah mengalami banyak perubahan dalam pembuatannya sehingga dapat mengukur tekanan udara lebih akurat dan efisien.


Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai Pengertian Barometer : Jenis dan Fungsinya Dalam Kehidupan Sehari – hari. Semoga artikel yang kami bahas kali ini bisa berguna serta dapat membantu pembaca sekalian dalam lebih mengenal alat ukur barometer ini. Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Pengertian Barometer : Jenis dan Fungsinya Dalam Kehidupan Sehari hari"