Fatal! Ini Dia Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya

Fatal! Ini Dia Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya

Fatal! Ini Dia Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya - Hard disk sebagai bagian utama pada computer atau netbook yang berperan sebagai media penyimpanan data (penyimpanan) dan mempunyai karakter non volatile (tidak musnah bila computer dimatikan).

Hard disk mempunyai piringan cakram (disk) tempat data diletakkan, dan mempunyai lengan pembaca (head) yang bisa bergerak bebas pada permukaan atasnya. Apa yang membuat hard disk cepat hancur, kenali faktor-faktor pemicu kerusakannya.


Cara Kerja Hard Disk

Hard disk bekerja dengan menulis dan membaca lurusan cakram (disk). Pada cakram, lengan baca-tulis (head) bekerja dengan manfaatkan konsep elektromagnetik.

Head akan mengganti secara magnetis block dan bidang pada permukaan cakram jadi data 0 dan 1. Supaya lengan bisa terhubung semua bagiannya, sebuah dinamo akan memutar piringan cakram.

Controller yang telah diprogram akan memerintah head dan cakram bekerja secara berbarengan. Berlainan dengan Kompak State Drive (SSD) yang bekerja secara elektronis, hard disk bekerja secara mekanis, hingga bila salah satunya elemen tidak bekerja karena itu hard disk akan alami ketidakberhasilan. Secara singkat, hard disk alami kerusakan.


Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya

Dari Cara kerja harrdisk diatas kita bisa menyimpulkan penyebab masalah harrdisk gampang rusak, berikut faktor penyebab harrdisk gampang rusak. Sebagai berikut :

1. Benturan

Hard disk cepat hancur karena Bentrokan. Bentrokan menyumbangkan 70% dari pemicu khusus kerusakan hard disk. Di dalam sebuah hard disk ada banyak elemen yang bergerak secara mekanis, oleh karena itu sedikit saja bentrokan dapat mempengaruhi peranan keseluruhnya hard disk.

Ucapkanlah bentrokan enteng sampai sedang bisa jadi membuat head kehilangan lajurnya atau dinamo alami perubahan, mengakibatkan terjadi gesekan di antara head dan cakram hingga terjadi kerusakan.

Sekarang ini hard disk kekinian telah meminimalkan ini sebagus mungkin, di mana hard disk dibuat kaku (rigid) dan mempunyai container yang kuat.

2. Tempat Yang Lembap dan Berdebu

Lingkungan yang lembap atau berdebu akan membuat hard disk bisa lebih cepat hancur. Kelembapan yang tinggi memacu beberapa titik air (moisture) yang bisa ada di dalam hard disk.

Berapa dekat head hard disk ke piringan cakram?

Jarak di antara permukaan cakram dan head sangat tipis. Pada hard drive kekinian, jarak ruangan di antara head dan piringan kurang dari 5 nanometer. lebih tipis dari satu helai rambut dan partikel debu

Karena ada partikel air atau debu ini bisa mengakibatkan gesekan di antara head cakram dan saat hard disk bekerja. Hingga terjadi guratan dan membuat hard disk hancur.

Meskipun hard disk telah diperlengkapi dengan saringan udara, tetapi beberapa hal ini dapat terjadi khususnya di lingkungan dengan kelembapan tinggi seperti pemakaian netbook saat pelayaran di laut atau lingkungan dengan debu berlebihan seperti tempat konstruksi.

3. Listrik Statis

Pemicu hard disk cepat hancur bisa karena listrik statis. Sumber listrik yang buruk, seperti arus listrik yang alami kenaikan mendadak, surprise tegangan karena gempuran petir bisa menyebabkan error pada papan kontroller yang atur proses hard disk.

Hard disk bisa jadi alami data corrupt, bad sector, dan peluang terberat dinamo (motor) tidak dapat berperan.

Static electricity atau Listrik statis menyumbangkan sejumlah 18% dari kerusakan papan circuit hard disk, dan dinamo (motor) 1%. Listrik statis bisa terjadi setiap saat tanpa kita ketahui.

4. Pemakaian Berat

Kerja secara terus-terusan dalam saat yang relatif lama bisa mengakibatkan hard disk cepat hancur. Biasanya, pemakaian hard disk rerata mempunyai umur di antara 3-4 tahun. Tetapi beban pemakaian tinggi bisa membuat umur hard disk bisa lebih cepat habis.

Ini karena hard disk memakai mekanisme mekanis yang maknanya gerakan-pergerakan seperti dinamo, bantalan roda, head, yang beberapa komponennya yang mempunyai pelumas condong lebih gampang aus.

Selain itu, pemakaian berat dapat memacu panas berlebihan (overheat) yang bisa turunkan perform hard disk. Dalam pemakaian ekstrim, computer perlu dipertambah pendingin khusus seperti kipas pendingin (cooling fan) atau heatsink supaya panas berlebihan bisa kebuang.

Contoh pemakaian berat hard disk salah satunya :

  • media penyimpanan data video dari camera CCTV.
  • database server.
  • media penyimpanan website (situs server).
  • media penyimpanan arsip bersama (network akses penyimpanan).
  • media penyimpanan situs audio dan video streaming.

5. Terjadi Bad Sector

Permukaan hard disk (platter) dipisah atas beberapa bidang, terkadang beberapa bidang magnetik alami kerusakan hingga bagian-bagian hard disk tidak terbaca.

Meskipun tetap bisa dipakai, sering ini sebagai tanda ketidakberhasilan yang hendak selekasnya terjadi. Tanda-tanda yang tersering dirasakan ialah seperti booting hard disk berasa lamban, kerap / atau selalu minta scanning drive saat startup, program jatuh atau hang, beberapa berkas file yang terelokasi atau ketidakberhasilan saat mengalihkan arsip file.

Apabila sudah ada beberapa gejala di atas biasanya hard disk akan hancur lebih berarti, dan cepatlah kerjakan backup beberapa data penting ke media lainnya sebelumnya terjadi.

6. Cacat Produksi

Hard disk cepat hancur dapat karena cacat produksi. Hard disk yang alami permasalahan cacat pabrikasi saat dibuat kadang bisa berperan, tetapi dampaknya baru berasa sesudah sekian hari atau beberapa waktu penggunaan. Ini bisa juga dirasakan oleh hard disk keadaan baru.


Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya. Semoga artikel yang kami bahas kali ini bisa berguna serta dapat membantu pembaca sekalian dalam memelihara kesehatan harddisk. Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Fatal! Ini Dia Penyebab Harddisk Gampang Rusak Dan Cara Merawatnya"