Pengertian LAN (Local Area Network) Fungsi, Kelebihan Serta Kekurangannya

 

Pengertian LAN (Local Area Network) Fungsi, Kelebihan Serta Kekurangannya

Pengertian LAN (Local Area Network) Fungsi, Kelebihan Serta Kekurangannya - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas info mengenai pengertian LAN, Fungsi, Kelebihan serta kekurangannya. Internet jadi media komunikasi yang sering dipakai di zaman kekinian ini, apa lagi tehnologi simpatisannya yang makin hebat. Bila mengulas koneksi internet, karena itu tentu ada hubungan dengan yang bernama LAN (Local Tempat Network), MAN (Metropolitan Tempat Network) dan WAN (Wide Tempat Network).

Ini kali kami akan mengulas mengenai LAN lebih dulu, yang mana ini ialah jaringan tempat lokal yang kerap kita pakai di sekolah atau dikantor tempat bekerja. Ini benar-benar berlainan dengan tipe jaringan MAN dan WAN, kamu dapat baca di Ketidaksamaan Jaringan LAN, MAN dan WAN bila ingin ketahui lebih dalam mengenai ketidaksamaan dari 3 tipe jaringan ini.

 

Pengertian LAN (local Area Network)

Pengertian LAN atau Local Area Network ialah sebuah jaringan computer yang dapat menyambungkan computer satu sama computer yang lain yang masih juga dalam 1 tempat/tempat atau lokal saja. Tipe jaringan ini umumnya dipakai di dalam rumah ( yang mempunyai beberapa komputer), sekolah, lab computer, universitas dan beberapa gedung kantor.

Baca Juga : Perbedaan RAM dan ROM Yang Harus Kalian Pahami

Mereka umumnya manfaatkan jaringan LAN ini supaya bisa sama-sama share file, share printer atau supaya bisa tersambung ke internet yang cukup hanya menambah piranti modem ke jaringan LAN yang dipakai.

Jaringan LAN ini benar-benar simpel, karena cukup hanya kabel UTP, HUB, Switch, atau Router. Siapa yang umumnya memakai jaringan LAN ini? seperti barusan disebut jika ini ialah Jaringan Local Tempat Network yang tentu saja harus dapat dipakai untuk tempat terbatas atau tempat lokal saja seperti computer di lab sekolah, warnet, dan beberapa perusahaan kecil sampai besar.

 

Karakteristik Jaringan LAN :

  • Tidak memakai jaringan dari operator lain
  • Dipakai untuk kebutuhan organisasi atau kebutuhan sendiri
  • Umumnya memakai 1 server yang bekerja untuk atur mekanisme supaya bisa jalan dengan normal.
  • Jaringan LAN ini berbasiskan pada tehnologi IEEE 802.3 Ethernet piranti switch dengan rerata kecepatan transfer datanya dari 10 sampai 1000 Mbit/second. Selainnya memakai ethernet, Tehnologi Wifi digunakan untuk membikin jaringan LAN ataupun lebih dikenali dengan panggilan Hotspot.

 

Baca Juga : Pengertian Motherboard dan Fungsi Setiap Bagiannya

Fungsi Jaringan LAN

Dibawah ini merupan beberapa fungsi jaringan LAN yang perlu pembaca sekalian pahami dan pelajari. Sebagai berikut :

  • Dipakai untuk menyambungkan computer 1 dengan computer yang lain (di dalam 1 jaringan LAN umumnya ada lebih dari 1 computer). Kita memerlukan perangkat tambahan seperti Switch atau HUB dan kabel UTP semakin banyak bila ingin menyambungkan semakin banyak computer di dalam 1 jaringan LAN.
  • Dapat share printer yang tentu saja akan mempermudah tugas. Jaringan LAN ini pas sekali untuk di suatu perusahaan atau Warnet. Printer yang unitnya cuman satu, dapat kita pakai dengan bertepatan dan langsung proses print dari computer masing-masing.
  • Mempermudah transfer file antara computer, dengan tersambungknya computer ke jaringan LAN. Karena itu kamu dapat secara mudah mengirim atau transfer file dari computer satu sama computer yang lain.

Baca Juga : Jasa Content Placement High DA PA Murah dan Berkualitas

  • LAN bisa juga kita pakai untuk membagi koneksi internet. Cukup hanya menyambungkan modem internet ke witch/hub yang berada di jaringan LAN, karena itu semua computer dapat terhubung internet (memerlukan penataan tambahan kembali di TCP/IP).
  • Kamu bisa juga lakukan Remote Computer yang lain tersambung ke jaringan LAN tak perlu tersambung ke internet lebih dulu. Dengan manfaatkan feature bawaah windows "Remode Desktop Manajer" kamu bisa meremote computer yang lain yang tersambung di 1 jaringan LAN yang serupa.

 

Kelebihan Jaringan LAN

Dibawah ini merupakan beberapa Kelebihan yang dipunyai Jaringan LAN, Sebagai berikut :

  • Dapat transfer file bisa lebih cepat
  • Share printer mempermudah tugas
  • Ongkos setting jaringan LAN murah karena tempatnya tidak luas (cuma 1 gedung saja).
  • Tidak memerlukan operator telekomunikasi untuk membikin jaringan

 

Kekurangan Jaringan LAN

  • Dibawah ini merupakan beberapa Kekurangan yang dipunyai Jaringan LAN, Sebagai berikut :
  • Tidak dapat koneksi internet (terkecuali menambah piranti modem internet)
  • Jaringan LAN akan tertanggu bila Switch / HUB Hancur

Baca Juga : Pengertian Motherboard dan Fungsi Setiap Bagiannya

 

Penutup

Demikian artikel yang membahas info mengenai Pengertian jaringan lan, Fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel yang saya bahas kali ini bisa berguna serta dapat membantu pembaca sekalian dalam belajar mengenai komputer. Terimakasih

Tidak ada komentar untuk "Pengertian LAN (Local Area Network) Fungsi, Kelebihan Serta Kekurangannya"